Wednesday 16 November 2011

Padepokan "Retjo Sewu"

Kalau sudah berada didalam kawasan PIP (Pantai Indah Popoh) maka rasanya kurang lengkap kalau tidak mengenal yang namanya Padepokan Retjo Sewu, bangunan yang memang masih terbilang baru ini memang diresmikan sekitar tahun 1995. Merupakan bangunan monumental yang menghadap ke arah Laut Selatan, Pantai Laut Selatan (Samudra Indonesia). 


Patung Retjo ini terdiri dari seribu patung yang tersusun secara rapih dari mulai yang paling besar sampai yang paling kecil, jumlah tepatnya sih menurut sumber informasi terdiri dari 2800an patung dengan patung tertinggi setinggi 9 meter, lokasinya sendiri terdapat didalam kawasan PIP dibagian depan sebelum menuju ke pantai. Nah didalam retjo Sewu ini terdapat makam bapak Soemiran Karsodiwirjo pendiri Pabrik rokok Retjo Pentung, dan didepan padepokannya terdapat arca Retjo Pentung.


Sebenarnya tidak boleh mengambil gambar di situ, tapi nekat saja ah sambil ngumpet-ngumpet entah mistis atau tidak katanya setiap yang ambil foto makam bapak Soemiran bakalan ketemu sama tuh bapak, itu juga kata pakle ku menceritakan sejarah pabrik rokok yang pertama kali di Tulungagung. Nah balik lagi ke patung-patung yang jumlahnya banyak ini ternyata menurut kepercayaan masyarakat semua hal-hal yang berada di Padepokan Retjo Sewu mengandung unsur angka 9, Belive it or Not.


  1. Peresmian PRS bersamaan dengan HUT ke 171 Kota Tulungagung dan pembukaannya dimeriahkan dengan 4 Jaranan, 4 Reog dan 1 Reog Ponorgo = 9 tampilan.
  2. Gapura Susun padepokan = 9 susun
  3. Tinggi bangunan induk = 27 m (9x3)
  4. Lebar bangunan induk = 81 m (9x9)
  5. Jumlah jenis ikan di Palereman Nyai Roro Kidul = 30 jenis
  6. Jumlah ikan di Palereman Nyai Roro Kidul = 270 ikan (gak kurang dan gak lebih)
  7. Ketinggian padepokan dari laut = 9 gundukan tanah (total tingginya 180 m)
  8. Tinggi arca Retjo Pentung = 9 m
  9. Jumlah trap-trap dari bawah s/d bangunan induk = 18 trap ( 1 trap = 9)
Karena ini padepokan memang dikhususkan dibangun untuk sang permaisuri Pantai Selatan, maka gak heran kalo banyak orang yang datang ke padepokan ini hanya mempercayai mistisnya bukan sejarah dan keindahan dari patung-patung yang berdiri tegak ini. Tempat wisata ini memang sangat bagus dan penuh dengan historikalnya jadi kepingin tau siapa yang menciptakan hampir 3000 patung ini.




1 comment:

  1. ini patungnya yang kecil-kecil kayaknya nggak asing... oiya, sepertinya yang membuat patung itu nggak mungkin satu orang hehehe

    salam kenal, salam guyub rukun :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...