Wednesday 16 November 2011

Produk Kerajinan Batu Alam

Produk kerajinan batu alam yang dihasilkan pengrajin di Tulungagung selatan secara umum penggunaannya untuk ornament outdoor bangunan rumah dan gedung, taman dan landscaping.  Jenis produknya berupa marmo, brobos, batu taman, batu alur, andesit dan ornament lainnya. Persebaran pengrajin batu alam banyak ditemukan di Desa Sawo, Desa Gamping dan beberapa di Desa  Campurdarat.

Saat ini ketika sektor property sedang dilanda booming konsep minimalis dan back to nature, penggunaan produk batu alam sangat familier sehingga permintaan pun mengalir deras. Pengrajin pun terus berinovasi untuk mendiversifikasi produknya sehingga berhasil diciptakan produk-produk baru yang sangat banyak macamnya.
Salah satu item produk yang tengah memasuki pasaran ekspor adalah relief dinding, motifnya banyak berupa bunga, hewan dan pemandangan.  Beberapa pengrajin di Desa Sawo Kec. Campurdarat melalui eksportir di Surabaya dan Bali secara reguler mengekspor produk batu alam ke Taiwan, Jepang dan beberapa Negara Eropa.

Meski belakangan banyak daerah lain juga membuat produk kerajinan sejenis, namun produk kerajinan batu alam dari Tulungagung selatan mempunyai keunggulan dalam originalitas bahan baku, kualitas produk, diversifikasi produk, aplikasi produk dan variasi desain. Keunggulan keunggulan ini adalah hasil inovasi dan kreatifitas dari para pengrajin yang tiada henti mengembangkan produknya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...