Wednesday 16 November 2011

Potensi Wisata Waduk Wonorejo (WWW)

Potensi baru, mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan potensi yang tersimpan di Waduk Wonorejo Tulungagung, bagaimana tidak, dengan lokasi yang strategis dan luas areal yang memadai sudah sangat cukup sebagai modal untuk membuat kawasan ini sebagai pusat wisata air di Tulungagung. Terletak di sebelah 12 Km di ujung barat dari Kabupaten Tulungagung dengan daerah pegunungan yang masih segar udaranya, walau disepanjang perjalanan ditemui area-area hutan yang sudah rusak, mungkin karena penebangan liar yang dikarenakan salah tafsir ‘hutan milik negara’ yang diucapkan dengan logat Jawa :)
Jalan menuju areal waduk setelah melewati gerbang masuk cukup bagus, dengan aspal yang masih bagus dan rata, jarang ditemui lubang atau bagian aspal yang rusak. Akan tetapi yang agak sedikit menyesatkan adalah kurangnya petunjuk arah yang menjelaskan di persimpangan jalan.

Waduk Wonorejo

Dari jalan menuju areal waduk mulai terlihat birunya air waduk, yang menandakan dalamnya air disana. Saat tiba di tempat parkir, telihat beberapa  petugas parkir sedang duduk-duduk di bawah pohon. Sarana toilet dan mushola kecil juga sudah tersedia di sana. Dari gazebo terlihat sangat jelas hamparan air waduk Wonorejo yang saat itu debit airnya sedang tinggi membuat mata sejuk. Sesekali terlihat banana boat melintas dengan mengangkut beberapa wisatawan berpelampung yang meliak-liuk mengikuti gerakan banana boat sampai akhirnya terjatuh di air disertai sorak soarai pengunjung lain, yang walaupun tidak ikut naik, tapi seolah merasakan rasa asyiknya pengguna banana boat. Ada juga perahu boat kecil dengan kapasitas penumpang antara 15 orang yang bergerak lambat berputar mengelilingi waduk dengan tenang. Akan tetapi yang membuat penulis khawatir adalah tidak adanya pelampung yang dipakai oleh satupun penumbang boat tadi.

Waduk Wonorejo

Secara umum kawasan waduk ini sudah bisa dikategorikan sebagai tempat wisata air, akan tetapi dengan optimalisasi sarana dan promosi yang gencar bukan tidak mungkin bisa menjadi wisata air andalan dengan ditambahnya jenis variasi sarana wisata air yang bukan cuma bertambah dalam kuantitas dan kualitas, tetapi juga ragam dan jenisnya. Kalau kita sering dengar WBL, bukan tidak mungkin waduk ini bisa menjadi WWW, bukan World Wide Web akan tetapi Wisata Waduk Wonorejo, asalkan jangan Wisata Waduk Waleh!

Di area ini dilengkapi Gazebo, Home stay, Taman, tempat parkir, pemancingan, speet boath, penginapan dan tempat pemintasan seni tradisional
Di lingkunga ini juga banyak terdapat tanaman buah durian. Konon waduk ini meruypakan waduk terbesar di Asia Tenggara.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...