Monday 20 February 2012

Kawasan Lawehan Penampehan

Kawasan Lawehan Penampehan
Kawasan Lawehan Penampehan
Lawehan adalah air terjun yang merupakan salah satu potensi wisata Kabupaten Tulungagung. Berada di Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang. ±25 km arah barat dari pusat kota Tulungagung, yang merupakan bagian dari Lereng Wilis dengan ketinggian ±1.200 m di atas permukaan air laut.
Untuk menuju lokasi harus berjalan kaki ±3 km melewati indahnya panorama perbukitan, dan sembilan kali menyeberangi sungai di hutan yang masih perawan. Karena khasnya jalan menuju obyek ini, yang naik turun, licin, curam dan menerobos semak belukar, maka sangat cocok bagi mereka yang suka tantangan dan pecinta alam. Apalagi di sekitar air terjun banyak tumbuh tanaman anggrek yang masih langka.
Menurut kepercayaan penduduk setempat, daerah ini dikuasai oleh Mbok Roro Dewi Gangga, Mbok Roro Cemethi, Mbok Roro Wilis, dan Mbok Roro Endang Sampur.
Penduduk setempat meyakini, Barang siapa yang mandi di air terjun ini akan sembuh dari penyakitnya.
Tidak jauh dari air terjun Lawehan terdapat Candi Penampehan yang berada di Desa Geger. Untuk sampai ke candi, bisa menggunakan kendaraan roda empat. Bangunan candi dilindungi oleh pohon Kalpataru. Selain itu juga terdapat Goa Tan Tek Sue dan perkebunan durian "Bajul" yang melengkapi daya tarik Kawasan Lawehan Penampehan.

2 comments:

  1. indah sekali alam ini sob
    btw kawasan lewehan penampehan di daerah mana ya sob ...??
    hehehhee

    ReplyDelete
  2. daerah sekitar sendang pak bos.. tanya saja warga sekitar. :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...